Tips Bepergian dengan Balita

Bismillah..
Sejak pertama Rayyis hadir ke dunia saya mengurusnya sendiri 24/7, no babysitter. Ayah, Eyang, & Mbah-nya yg sesempatnya bantu. Rayyis saya bawa kemana-mana aya ajak mengikuti aktivitas saya,entah itu memimpin briefing di Medogh sampai belanja bulanan. Carrier dan carseat jadi andalan untuk bantu saya membawa Rayyis kemana-mana, berdua saja.

Alhamdulillah sampai saat ini hampir 3 tahun usianya, perjalanan kami berjalan hepi. Supaya anak batita balita enjoy dan menurut diajak jalan-jalan bepergian terutama saat BELANJA,ini yg biasa saya lakukan:

1. Meniatkan bahwa ini tidak sekedar belanja tetapi ajang Rayyis untuk belajar dunia sekitar. Anak batita belajar paling banyak saat mengamati lingkungan sekitar,bukan hanya dari mainan yang canggih, begitu kata Dr. Sears.

2. Mengajak Rayyis bercerita tentang apa saja yg ada di jalan, kalo sekarang sih berbagai macam alat transportasi & hewan.

3. Memberitahu Rayyis kemana mau pergi & ada hal menarik apa disana: “Sayang, Rayyis ikut Bunda belanja ya, nanti Rayyis bisa liat ikan disana, kcipak kcipuk..”

4. Memastikan Rayyis sudah kenyang, karena lapar-haus jadi pemicu rewel/tantrum dijalan

5. Mengajak pergi di jam-jam Rayyis melek,jangan waktu jam tidur siang, mengantuk juga bisa bikin batita galau.

6. Mengajak salah 1 atau 2 mainan/buku untuk ikut: “Sayang,mau bawa mainan yg mana, bis atau truk?”

7. Membawa bekal makan (finger food) dan minum,antisipasi kelaparan da kehausan di jalan.

8. Kalo tidak ada rencana beli mainan, bilang dari awal sebelum pergi: “Sayang,kita tidak beli mainan ya, kemaren kn udah dibeliin Ayah kereta2an.. oke?”
Atau buat kesepakan seperti ini: “Boleh beli makanan apa saja, tetapi satu saja..”

9. Libatkan anak dalam kegiatan, minta bantuan padanya. Saat belanja saya minta Rayyis untuk bantu memasukkan barang2 ke troli, atau ikut memasukkan barang ke plastik utk dtimbang, begitu juga saat barang ditaruh ke kasir. There will be mess & errors, but it’s worth enough for learning.

10. Pergi ke tempat favorit Rayyis sesuai janji di awal: bagian ikan2, juga makanan kucing krn disitu banyak gambar kucing. Selalu tepati janji sedini mungkin sejak anak lahir. Dan minta maaf sungguh2 kalo harus membatalkan. Anak akan tenang & percaya karena sedini mungkin dihargai,bahkan sebelum dia benar2 bisa diajak komunikasi.

11. Saat yang bisa memicu rewel salah satunya ketika harus pergi dari tempat yang disukai, dari sedini mungkin saya sudah biasakan untuk memberitahu bahwa sebentar lagi kita akan pergi, saying goodbye, juga memberitahukan what’s next : “Sayang, sebentar lagi udahan liat ikannya ya.. Dadah ikan, rayyis mau pamit dulu,kapan2 ketemu lagi ya. Rayyis ditungguin Ayah dirumah,Ayah mau ajak main kereta.. Yuk2..”. Saking terbiasanya, begitu saya bilang “Udah yuk nak..”. Rayyis melanjutkan: “Dadah,dadah..” sambil melambai. Hihihi

Alhamdulillah karena begitu terbiasanya diajak pergi, saat ini hampir 3 tahun usianya, diajak ke event yg harus duduk manis 3 jam pun Rayyis bisa tahan. Ketika mengantuk tinggal minta pangku Bunda terus tidur. Terima kasih sayang, Bunda is so proud of you!
Bagaimana dengan Ayah Bunda? Ada tips lain yang bisa di share. Silahkan tinggalkan komentar di bawah ini. Terima kasih 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *